Sabtu, 01 Juli 2017

Balik Jogja

Cerita sepupunya Sony yg pernah jadi Presiden USA


Ibunya Obama (namanya Ann Dunham) menikah dengan pria asal Jogja. bernama dr. Soetoro. Saat ibunya menikah itu sudah punya anak Obama. 

Saat kecil dulu Obama tinggal bersama ayah tiri dan ibundanya di Jakarta, namun kerap berlibur ke rumah paman tirinya di Yogyakarta. 

Setiap kali liburan Lebaran, dari tahun 1967-1971, Pak Soetoro selalu membawa istrinya, Ann Dunham, dan Obama (anak tirinya) berlibur ke sini. Mereka selalu pergi-pulang Jakarta-Jogja pakai kereta api. Terus dari Stasiun Tugu naik becak ke sini, ke Bulaksmur di Blok D7 ini. Penghuni rumah Blok D7 adalah Prof Dr Iman Pratiknyo, guru besar dan mantan Dekan Fakultas Sospol UGM. Istri Iman adalah kakak kandung Soetoro. Orangtua dari Soetoro masih kerabat Keraton Jogja dan bertempat tinggal di Ngasem.

Ada dua alasan, mengapa Soetoro selalu mengajak keluarganya, tentu saja termasuk Bary kecil, panggilan sayang Barack Obama, mudik ke Jogja. 

Pertama, Soetoro adalah orang Jogja asli. Orangtuanya berasal dari Ngasem. Alasan kedua, Ann Dunham, ternyata adalah salah seorang peneliti di Pusat Studi Kependudukan dan kebijakan yang dipimpin oleh Prof. Masri Singarimbuan. Ibu Dunham sangat tertarik pada persoalan gender di daerah pinggiran seperti di Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Dipimpin Profesor Masri, Ibu Dunham terlibat aktif dalam pemberdayaan perempuan. Jadi liburan Lebaran juga dimaksudkan untuk melakukan penelitian tersebut.

Barack Obama, sangat menikmati masa liburannya di Bulaksumur, Jogja. Apalagi empat anak Iman Pratiknyo, dua lelaki dan dua perempuan, hampir seusia dengannya. Jalan-jalan keliling perumahan di sekitar kampus sering dilakukan mereka berlima. Anak-anak dosen lainnya juga sering ikut nimbrung karena memang Obama tampil beda baik penampilan maupun fisiknya.

41 Tahun Obama berpisah dengan Jogja dan hari ini rencana beliau akan kembali ke Jogja. Tentu ini bukan sekedar kunjungan biasa, tapi bisa dibilang perjalanan mengenang masa-lalu saat tinggal dan bermain di kota budaya ini. Terlebih jika Obama mau singgah di Bulaksumur D7 tentu beliau akan bahagia karena sekarang rumah itu dijadikan Museum UGM.



Sigid Budi Santoso:
diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.