Minggu, 25 Juni 2017

Manifestasi Iman

cinta tanah air adalah manifestasi dari iman.


Ulama Muhammad Quraish Shihab menjadi khatib saat shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Minggu (25/6/2017) pagi. Dalam khotbahnya, Quraish Shihab menyampaikan bahwa rasa cinta tanah air merupakan fitrah manusia yang diberikan sejak lahir. Menurut dia, cinta tanah air adalah manifestasi dari iman. Tidak heran jika Allah menyandingkan iman dengan rasa cinta tanah air.


"Manusia diciptakan Allah dari tanah, maka tidak heran jika nasionalisme, patriotisme dan rasa cinta tanah air merupakan fitrah, yakni naluri manusia," ujar dia.

"Tanah Air yang terbentang dari Sabang hingga Merauke adalah anugerah Allah SWT yang tidak ternilai," tambahnya kemudian. Quraish Shihab lalu meminta umat agar menjadikan Hari Raya Idul Fitri sebagai momentum untuk membina, mempererat dan memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan antar masyarakat Indonesia.
Seluruh rakyat Indonesia, lanjutnya, harus membangun persatuan demi menjaga keutuhan tanah air Indonesia.

"Marilah dengan hati terbuka, dengan dada lapang dengan muka jernih serta dengan tangan terulurkan kita saling maaf memafkan sambil mengibarkan bendera kedamaian di tanah air tercinta bahkan di seluruh dunia," tutur pendiri Pusat Studi Al-Quran itu.


Pantauan Kompas.com, Shalat Idul Fitri 1438 Hijiriah dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dan Ketua MPR Zulkifli Hasan. 


(KOMPAS.com/Kristian Erdianto)
Berita ini telah di terbitkan oleh KOMPAS.com dengan judul Quraish Shihab: Cinta Tanah Air adalah Fitrah Manusia Sejak Lahir.
TRIBUNWOW.COM, JAKARTA - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.