Kamis, 25 Mei 2017

Roger Moore

Roger Moore (1927-2017)

Saya ingat pada tahun 60-an, Roger Moore main film seri televisi, "The Persuaders" dengan Tony Curtis (ayahnya Jemie Lee Curtis). Terus dilanjutkan dengan serial "The Saint". Waktu itu di Tanah Abang, kampung saya, belum banyak yang punya televisi. Jadi kalau film itu muncul (pada Senin malam), tetangga ikut ngumpul nobar di ruang tamu rumah kakek saya. Saya sendiri baru boleh nonton kalau sudah menyelesaikan tugas dari sekolah. Biasanya tugas itu berasal dari buku "Tjerdas Tangkas" (berhitung) dan "Bahasaku".

Bagaimana bisa ada televisi di rumah kakek saya? Itu berasal dari oleh-oleh paman saya yang dinas di Angkatan Laut. Sepulang tugas dari Vietnam, dia bawa pulang televisi. Tivinya seperti lemari, ada empat kaki kayu untuk menopangnya. Dengan listrik 110 volt, dan tabung CRT yang besar jika dilihat pada celah bagian belakang, tivi itu terlihat angker. Gambar yang ditayangkan masih hitam putih. Dan siaran dari TVRI hanya berlangsung 6 jam - sejak jam 6sore dan berakhir jam 12 malam.

Kemudian Roger Moore muncul lagi tiap Sabtu sore dalam serial "Ivan Hoe", pahlawan Inggris abad 12. Ivan Hoe kemana-mana menunggang kuda menggunakan baju besi dan ketopong. Film televisi waktu itu tanpa subtitles, kok anak-anak bisa ngerti ya? heran juga.

Salah satu film yang berkesan di awal masa remaja saya adalah "Gold". Kisah tambang emas yang runtuh di Johannesburg. Di film itu Roger Moore menjadi general manager tambang yang berselingkuh dengan anak pemilik tambang (dimainkan oleh Susannah York) yang sudah bersuami. Setelah saya google, wajah Susannah York kok gak cantik ya, tapi kenapa saya terkesan benar dengan film itu sih? Mungkin karena saya untuk pertama kali melihat bagaimana hal berselingkuh dengan istri orang digambarkan. It was inspirational 😱 ! Alhasil, waktu itu saya kepingin jadi Roger Moore yang ganteng dan dalam banyak filmnya terlihat humoris selalu. Apalagi kemudian dia memainkan James Bond 007, dalam film "Live and Let Die" (1973).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.