Rabu, 26 April 2017

Marilyn Monroe

Marilyn Monroe Tak Semontok yang Dikira... 

Selama ini beredar selentingan yang menyebutkan bahwa Marilyn Monroe memiliki ukuran busana antara 12 hingga 16. Ternyata, itu tidak tepat.

Tidak jelas bagaimana mitos itu bermula. Salah satu kemungkinan adalah karena bentuk tubuh MM --demikian panggilan sayangnya-- yang seperti jam kaca. Atau, faktor yang lebih langsung adalah karena ukuran kaum wanita masa kini tidak setara dengan ukuran kaum wanita pada 1950-an.

Pada 1980-an, untuk memberi akomodasi kepada ukuran keliling tubuh yang semakin bertambah, pihak U.S. Department of Commerce menarik sistem ukuran seragam dan mengganti dengan sistem ukuran yang lebih memuaskan ego, demikian seperti dikutip dari todayifoundout.com pada Rabu (26/4/2017).

Sebagai akibat keputusan itu, ukuran 8 di masa kini kira-kira setara dengan ukuran 16-18 pada tahun 1950-an, walaupun bervariasi berdasarkan merek produk.

Jadi, berapa sebenarnya ukuran Marilyn Monroe?

Untunglah banyak busana miliknya yang dirawat baik hingga sekarang sehingga bisa diukur langsung. Selain itu, salah satu penjahit bajunya juga membeberkan ukuran setepatnya yang dilakukan pada artis tersebut.

Ukuran itu adalah tinggi 166 centimeter, 88,9 centimeter pada dada, 55,9 centimeter pada pinggang, 88,9 centimeter pada panggul, dengan ukuran bra 36D.

Ukuran pinggangnya sendiri 5 – 7,5 centimeter lebih kecil dari ukuran rata-rata pada masa itu dan 30 centimeter lebih kecil daripada rata-rata ukuran pinggang wanita Amerika Serikat masa kini.

Berat tubuhnya naik-turun sepanjang karir. Biasanya berat MM naik saat depresi dan kembali normal sesudahnya. Tapi pembuat busananya menyebutkan angka 53,5 kilogram, sedangkan studio-studio Hollywood mencatat antara 52,2 hingga 54,4, kilogram.

Tidak mudah menyebutkan ukuran MM tidak mudah menurut ukuran sekarang, karena perbedaan ukuran berbagai merek yang berbeda ataupun negara yang berbeda, apalagi karena bentuk tubuhnya seperti jam kaca sehingga menyulitkan berbelanja pakaian dengan ukuran yang sempurna baginya.

Untunglah, ia mampu membiayai pakaian jahitan sendiri dan sering melakukan itu.

Contoh ukuran bajunya adalah busana putih dalam film "The Seven Year Itch" yang baru dilelang. Pakaian itu dipasangkan pada manekuin ukuran nomor 2, tapi bajunya masih belum bisa ditutup rapat karena manekuin itu pun masih terlalu besar. Banyak busananya yang lain selama karirnya yang berukuran serupa, hanya berbeda 2,5 hingga 5 centimeter.

Walaupun begitu, MM kadang-kadang mengenakan busana dengan sangat ketat sehingga harus dijahitkan selagi dipasangkan. Dengan demikian ukuran 4 (Amerika) atau ukuran 8 (Inggris) lebih tepat untuk banyak merek. Sementara itu, ukuran pinggang 56 centimeter untuk jins modern Amerika adalah ukuran di bawah 0.

Perbandingan dengan Model Modern

Jika penasaran membandingkan dengan para model busana masa kini, BluFire Model Registry mengungkapkan bahwa para model sekarang berukuran kira-kira 86,4 centimeter pada dada, 61 centimeter pada pinggang, dan 86,4 centimeter lagi pada panggul—dekat dengan ukuran MM.

Dari sumber yang sama, rata-rata tinggi model sekarang adalah 174 centimeter, sedangkan MM memiliki tinggi 166 centimeter.

Elizabeth Hurley pernah menyebut Marilyn Monroe sebagai seorang wanita gemuk. (Sumber Wikimedia/London Pixels/Brian Minkoff)
Elizabeth Hurley, yang pernah menyebut MM sebagai seorang wanita gemuk, sebenarnya berukuran seperti rata-rata model sekarang, hanya saja 12,7 centimeter lebih tinggi daripada MM.

Sering dikatakan bahwa para wanita model dan aktris sekarang ini disebutkan telah menetapkan standar yang tidak bisa secara realistis diraih oleh wanita normal. 'Tuduhan' yang sama diberikan kepada MM bahkan sebelum ada Photoshop.

Tapi jangan terpana dengan cara pandang demikian, karena ukuran rata-rata wanita Amerika Serikat sekarang ini memang jauh lebih besar. Pada 1950-an, ukuran pinggang rata-rata wanita Amerika adalah 63,5 centimeter (MM berukuran pinggang 55,9 centimeter).

Pada masa kini, ukuran rata-rata pinggang wanita Amerika adalah 86,4 centimeter. Jadi, perbedaan antara wanita model dan wanita kebanyakan pada masa dulu tidak terlalu besar.

Dengan kemajuan teknologi foto dan video sekarang ini, perbedaan model dan wanita biasa bisa dibuat lebih besar, tapi hasil edit jadi aneh. Apalagi, ukuran pinggang 55,9 hingga 61 centimeter sebenarnya masih bisa dicapai dengan latihan rutin kebugaran dan diet yang sehat.


Alexander Lumbantobing 
27 Apr 2017, 07:48 WIB
Liputan6.com, Jakarta - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.