Senin, 27 Maret 2017

Gorengan

TIPS BERMAIN SAHAM GORENGAN

Akhir-akhir ini, ramai sekali saham-saham siluman (saham gorengan) yang menari-nari di hadapan para trader, memancing trader untuk ikut ambil bagian dalam kegilaan pasar modal. Sebenarnya tidak ada salahnya ikut ambil bagian dalam pesta gorengan itu karena memang saham-saham itu menjanjikan return yang tinggi dalam waktu sekejap. Hanya saja banyak sekali teman-teman trader yang justru cutloss, dan tidak jarang cutlossnya cukup menggerus porto. Mengapa? Apa yang salah? Jawabannya karena mereka tidak paham sifat saham gorengan, sehingga tidak paham RULE untuk bermain saham gorengan.

Saham gorengan itu biasanya harganya di bawah Rp. 200,- per lembar, dengan jumlah bid offer yang tipis di setiap ticknya (terkadang tidak lebih dari 200 lot per tick), sehingga bisa dengan cepat naik dan dengan cepat juga turun. Nah artinya apa? Artinya peluang cuan dalam sekejap bisa diraih, namun peluang loss dalam sekejap juga bisa diterima. Jadi bagaimana mengakalinya? Ada beberapa tips yang perlu kita ketahui sebelum terjun ke saham gorengan. Apa saja itu, yok kita simak tips di bawah ini:

1. Pahami dulu pola pergerakan sahamnya, seperti apa sih saham itu bergerak, terkadang hal ini terkait juga dengan waktu saham itu bergerak, ada yang pagi, ada yang sesi 1, sesi 2, pas sudah mau tutupan sesi 2, dan sebagainya

2. Pahami range pergerakannya, berapa sih rata-rata jangkauan pergerakannya, yang pasti kalau saham gorengan, range pergerakannya lebar, hanya berbeda-beda antara satu saham dengan saham lainnya. Misalnya kita tahu range pergerakan hariannya itu 20 poin per hari, ya artinya kalo saham itu sudah turun 20 poin, bole lah kita spec buy. Begitu juga kalo sahamnya sudah naik 20 poin, ya jangan di beli lagi. Risk/Rewardnya sudah tidak seimbang lagi.

3. Tentukan terlebih dahulu, timeframe untuk bermain saham gorengan ini berapa lama?  intraday atau swinger ? Bagaimana cara menentukannya ? Lihat pola pergerakannya di masa lampau, seperti apa? Kalau tidak ada data masa lampau, memang agak riskan, terpaksa kita harus sering memantau pergerakannya secara live, tidak ada cara lainnya.

4. Tentukan berapa modal yang akan kita gunakan. Kalau saya pribadi, rule nya adalah tidak pernah menggunakan lebih dari 10% porto untuk bermain saham gorengan. Bahkan biasanya hanya menggunakan maksimum 5% dari porto, hanya beberapa saham yang kelihatan potensial saja yang menggunakan 10% porto. Mengapa? Sudah jadi nature dari saham gorengan, sulit sekali memprediksi arah pergerakannya, terutama apabila semakin pendek timeframe yang kita gunakan, maka semakin gampang pergerakan harga sahamnya dimanipulasi oleh bandar. Sehingga saya sudah siap loss setiap kali bermain saham gorengan, INGAT !! Mental siap loss ini harus sudah terpatri bahkan ketika kita entry, terutama apabila kita entry di saham yang benar-benar spekulasi. No excuse!

4. Tentukan ENTRY, CUTLOSS dan TAKE PROFIT mau di harga berapa. Untuk ENTRY dan TAKE PROFIT masih bisa fleksibel mengikuti arah dan momentum pergerakan yang ada, tetapi untuk CUT LOSS, jangan pernah mengubah cutloss, sekali kita sudah menentukan titik cutloss, jangan pernah ubah, laksanakan lah dengan disiplin, no excuse dan tidak perlu berpikir panjang.

5. Jangan lupa ketika sudah berada dalam posisi cuan, selalu pasang yang namanya Trailing stop. Trailing stop adalah dynamic stop yang kita gunakan untuk memproteksi kita, sehingga kalau tiba-tiba harga saham turun drastis, otomatis saham akan terjual dan kita tetap memperoleh cuan. Seringkali ketika sebuah saham gorengan turun drastis, maka susah sekali mengejar pergerakan harganya. Akhirnya kita hanya bisa menjual di harga yang malah sudah membuat kita merugi. Bagaimana cara setting trailing stop yang pas ? Itu semua kembali ke range pergerakannya, kita harus paham saham A ini biasanya koreksi intraday maksimal berapa tick sih? Tetapi aturan baku buat saya adalah saya akan menggunakan Trailing stop dari harga HIGH hari itu. Mengapa? Karena berdasarkan pengamatan saya, ketika sebuah saham gorengan sudah bergerak semakin jauh dari harga high nya hari itu, sebagian besar susah untuk kembali ke harga high tersebut, walaupun ada beberapa pengecualian untuk beberapa saham. Saya biasanya set Traling Stop itu 5% dari harga HIGH waktu itu. Tetapi kalau saya memiliki modal harga bawah, dan misalnya saya sudah cuan 100%, saya berani memasang trailing stop 10% dari harga high. Jadi semuanya fleksibel saja, tinggal sesuaikan dengan kondisi dan seberapa besar risk yang bisa kita tanggung. Ada beberapa teman yang curhat tidak punya trailing stop di OLT nya atau bahakan untuk sekedar stoploss pun tidak ada. Itu artinya mungkin sekuritas anda tidak mengijinkan anda bermain saham gorengan.HEHE…Tapi kalau anda mau bermain gorengan gimana dong ? Ya bikinlah akun di sekuritas yang memiliki fitur stoploss dan trailing stop. Ingat, ini senjata wajib untuk bermain saham gorengan. Bermain gorengan tanpa fitur itu sama seperti pergi berperang tanpa senjata. Bandar pakai senapan shotgun, kita hanya tangan kosong ?!! Alamak…..

6. Nah bagaimana cara menentukan entry yang tepat untuk saham gorengan ? Tentunya HARUS menggunakan chart intraday, lihat pergerakan TF 5 menit, cari support kuatnya dan cobalah entry di titik itu. Untuk take profit secara manual agak lebih tricky karena ada banyak faktor yang harus kita lihat, beberapa mengatakan harus melihat tape readingnya. Tape reading itu semacam melihat bid-offer, bagaimana bid offer terbentuk, bagaimana bid offer dimakan, siapa broker yang mendominasi trading waktu itu, apakah dia buy atau sell, dsb nya. Mungkin lain kali saya akan mencoba memasukkan beberapa pakar trader tape reading di tulisan saya berikutnya, tentunya kalau orangnya berkenan, karena terus terang saya tidak terlalu sering memperhatikan tape reading. Saya hanya mengandalkan chart TF 5 menit, lihat supportnya, dan saya buy di situ. Trus pasang stoplossnya, kalau sudah cuan tinggal pasang trailing stop. DONE. Begitu saja, as simple as that.

7. Seringkali ketika kita sudah kena trailing stop, harga malah naik terus. Nah kalau ini, saya cenderung untuk tidak akan mengejar lagi untuk masuk karena psikologis kita kadang terganggu, greedy bisa muncul. Jarang sekali saya masuk di suatu saham lebih dari 2 kali di suatu hari untuk copet di sana. Tapi untuk yang sudah pro, mungkin bisa berkali-kali…HEHE…MINDSET yang benar untuk copet adalah, ikhlaskan saja kalau kita sudah TP dan ternyata harga sahamnya naik lagi, JANGAN DIKEJAR ! Artinya rejeki anda cukup di situ, syukuri saja, daripada anda masuk lagi dan ternyata harga saham turun, cuan yang sudah didapat hilang, eh malah berganti loss..hehe (sounds familiar, eh …)

8. Ada satu tips yang menjadi semacam hal umum. Bahwa ketika suatu saham gorengan sudah ARA, maka ada kemungkinan MINIMAL besoknya bisa cuan 5% dari harga close sewaktu ARA. Sehingga banyak teman trader yang mencoba mengambil peruntungan dari situ. YA, tidak selalu tapi mungkin sekitar 70% terjadi lah demikian. ENAK kan ? hehe…

Hmm…Apalagi yah? Ada banyak suka-duka bermain saham gorengan, saya tidak anti saham gorengan. Kenapa? Semua saham tenbagger, selalu dimulai dari status sebagai saham gorengan. Contohnya INAF, NIKL, INDY, AGRO, DOID, dll..Bukankah dulu mereka disebut sebagai saham gorengan, tapi faktanya mereka bisa menjadi saham tenbagger. Tetapi tentu saja, tidak semua saham gorengan bisa menjadi tenbagger, tetapi SEMUA SAHAM TENBAGGER PASTI BERAWAL DARI STATUS SEBAGAI SAHAM GORENGAN. Nah tinggal bagaimana kita sebagai trader, pintar-pintar mengikuti momentum di pasar.

OK, saya rasa cukup sekian, have a nice weekend dengan semua anggota keluarga yang tercinta, jangan mikirin saham terus boss, anda hidup kan bukan cuma buat saham, jangan sibuk buka tele , whats app, dll di weekend,,,But spent your weekend with your precious one..God bless us.

Salam cuan

Etuz
adminMarch 25, 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.