Senin, 06 Februari 2017

Bullish

HARI INI BISA JADI AWAL KEBANGKITAN IHSG
February 6, 2017

jadi awal

Di awal minggu lalu kami mulai mendeteksi adanya indikasi positif di IHSG, yaitu adanya tanda-tanda kembali masuknya dana asing di IHSG. Seperti kita ketahui IHSG di bulan Januari bergerak tidak ada tenaga karena minimnya pergerakan investor asing di bursa kita. Namun di akhir bulan Jnuari dan awal bulan Februari ini IHSG dana asing terlihat secara perlahan masuk ke bursa kita. Minggu lalu kita mendeteksi bahwa BBNI  adalah saham yang paling banyak di akumulasi asing,besarnya akumulasi asing yang di report awal minggu lalu tersebut, langsung direspon dengan kenaikan luar biasa BBNI sepanjang minggu kemarin.

Namun terlepas dari akumulasi besar-besaran yang dilakukan asing di BBNI, kami juga mulai mendeteksi adanya aliran dana asing ke beberapa saham penggerak IHSG lainnya sepanjang minggu lalu.

START BULLISH

Jika kita melihat pergerakan dana asing saat ini memang sudah terlihat mulai datangnya dana asing ke bursa kita,terlihat curva aliran dana asing mulai berubah dalam 2 minggu terakhir, jika kita melihat kebelakang, kenaikan perbuhanan trend ini mirip dengan awal trend bullish IHSG di bulan Mei lalu. dimana seperti terlihat pada grafik diatas secara perlahan dana asing mulai berubah arah, dan perubahan pergerakan dana asing tersebut memiliki dampak yang sangat positif untuk IHSG dimana kita tahu bahwa inflow asing  mengantakan indeks naik dari 4600an ke 5.500an hanya dalam 2.5 bulan pasca terjadinya perubahan trend tersebut.

Dalam Teori Foreign Flow ada 5 point penting yang memberikan indikasi lahirnya trend bullish di IHSG atau pada suatu saham :

Konsistensi Inflow Dana Asing
Setelah kami pelajari dalam 10 tahun terakhir kenaikan besar di IHSG, selalu disertai dengan konsistensi inflow dana asing, artinya IHSG hanya akan naik signifikan kalau dana asing masuk ke bursa kita secara konsisten (hampir setiap hari Asing tercatat Inflow di IHSG). Jika kita melihat kondisi terakhir dalam 7 hari kebelakang, asing sudah tercatat net buy sebanyak 6 hari. Terakhir kali asing tercatat melakukan net buy 6 hari dari 7 hari perdagangan terjadi di bulan Agustus lalu, artinya konsistensi inflow dana asing saat ini adalah yang terbaik dalam 6 bulan terakhir.

Trend Bullish Selalu diawali dengan Significant Inflow
Syarat kedua lahirnya sebuah trend bullish IHSG adalah: Selalu ada inflow yang significant setiap kali IHSG mau mengawali trend bullish yang kuat, inflow yang besar adalah inflow yang lebih dari 1 Triliyun dalam 1 hari perdagangan, sejauh ini memang belum ada tanda-tanda inflow harian sebesar itu, inflow harian terbesar hari ini baru sebesar 418 M hari Selasa lalu.

FF-IHSG-600x396Namun jika kita belajar dari IHSG tahun lalu, IHSG mulai bangkit diawali dengan adanya inflow besar 1.4 Triliyun di tanggal 29 Januari 2016, seperti kita lihat pada grafik di atas inflow tersebut tergambar pada inflow kedua terbesar dalam zona ungu. Pasca adanya inflow tersebut IHSG secara perkasa langsung bergerak naik disertai dengan inflow-inflow besar lainnya. Sebagai catatan inflow tersebut terjadi ketika IHSG masih di level 4.500

Trend bullish IHSG di bulan Februari tahun lalu semakin terkonfirmasi setelah adanya inflow sangat besar yang terjadi di tanggal 5 Februari tahun lalu. Pada hari tersebut jumlah dana asing yang masuk ke IHSG tercatat sebesar 2.4 Triliyun (kedua terbesar sepanjang sejarah), yang membuat inflow tersebut menjadi lebih menarik adalah inflow signifikan dana asing tersebut terjadi pada hari diumumkannya GDP kuartal keempat 2015 yang di atas ekspektasi sebesar 5.04% dimana sebelumnya ekspektasi analisa hanya di 4.8%. (Baca artikel lengkapnya disini)

Related :  Anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai pergerakan dana asing dan bagaimana cara mengikutinya dalam Foreign Flow Workshop yang akan diadakan di Jakarta, Surabaya dan secara ONLINE dalam 3 bulan kedepan. Lihat jadwalnya disini.

Pagi ini GDP Indonesia kuartal ke 4 tahun 2016 akan diumumkan, dari report yang kami dapat estimasi analis GDP Indonesia pada 4Q16 tumbuh 5.07% – 5.1%meningkat cukup baik dibandingkan kuartal ketiga 201616, yang tumbuh 5.02%. Jika Ekonomi Indonesia tumbuh di atas ekspektasi analis tersebut, besar kemungkinan akan adanya inflow besar-besaran seperti yang terjadi 1 tahun yang lalu, inflow tersebut dapat menjadi awal dari sebuah trend kenaikan yang luar biasa di IHSG di awal tahun ini.

Artinya hari ini dapat menjadi awal dari kenaikan IHSG, pertumbuhan Ekonomi yang baik dan inflow yang besar adalah start paling ideal untuk IHSG tumbuh dan mencetak record tertinggi barunya sepanjang sejarah. Sebagai investor ritel kita tidak perlu terlalu pusing, kita hanya perlu menunggu aba-aba dari Investor Asing yang memang merupakan penguasa pasar modal kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.